George Boole

Author cesar - -
Home » » George Boole

George Boole yang lahir 2 November 1815 dan meninggal 8 Desember 1864 adalah seorang ahli matematika kelahiran Inggris dan ahli logika. Karyanya di bidang persamaan diferensial dan logika aljabar, dan ia kini paling dikenal sebagai penulis The Laws of Thought. Sebagai penemu prototipe dari apa yang sekarang disebut logika Boolean, yang menjadi dasar dari komputer digital modern, Boole dianggap di belakang sebagai pendiri bidang ilmu komputer.
 
 Boole berkata, "... no general method for the solution of questions in the theory of probabilities can be established which does not explicitly recognise ... those universal laws of thought which are the basis of all reasoning ..." (ada metode umum untuk solusi dari pertanyaan-pertanyaan dalam teori probabilitas dapat dibentuk yang tidak secara eksplisit diakui ... pemikiran hokum universal mereka yang merupakan dasar dari semua penalaran)
 
 Ayah George Boole, John Boole (1779-1848), adalah seorang pedagang di Lincoln dan memberinya pelajaran. Dia memiliki pendidikan sekolah dasar, tetapi sedikit lebih jauh pengajaran formal dan akademis. William Brooke, seorang penjual buku di Lincoln, mungkin telah membantu dia dengan bahasa Latin; yang juga mungkin telah belajar di sekolah Thomas Bainbridge. Dia belajar sendiri bahasa modern. Pada usia 16 Boole mengambil posisi mengajar SMP di Doncaster, di Sekolah Heigham itu, yang pada saat ini pencari nafkah untuk orang tuanya dan tiga saudara kandung yang lebih muda. Dia mengajar juga di Liverpool, secara singkat.
 
 Boole berpartisipasi di Institut Mekanika lokal, Lembaga Mekanika Lincoln, yang didirikan pada tahun 1833. Edward Bromhead, yang tahu John Boole melalui Lembaga, membantu George Boole dengan buku matematika dan dia mengingat teks kalkulus Sylvestre François Lacroix oleh Rev George Stevens Dickson, dari Swithin St Lincoln. Butuh waktu bertahun-tahun untuk menguasai kalkulus, bagaimanapun, tanpa seorang guru.
 
 Pada usia 19 Boole berhasil mendirikan sekolah sendiri di Lincoln. Empat tahun kemudian ia mengambil alih Akademi Hall, di Waddington, di luar Lincoln, dan pada kematian Robert Hall. Pada 1840 ia pindah kembali ke Lincoln, di mana ia mengelola sebuah sekolah asrama.
 Boole menjadi tokoh lokal terkemuka, pengagum John Kaye, uskup. Ia mengambil bagian dalam kampanye lokal untuk penutupan awal. Dengan ER Larken dan lain-lain dia mendirikan bangunan masyarakat pada tahun 1847. Dia terkait juga dengan Chartist Thomas Cooper, yang istrinya relasi.
 Pada tahun 1838 dan seterusnya Boole telah membuat kontak dengan hebat matematika simpatik akademis Inggris, dan membaca lebih luas. Ia belajar aljabar dalam bentuk metode simbolis, karena ini yang dipahami pada waktu itu, dan mulai menerbitkan makalah penelitian.
 
 Pada 1847 Boole menerbitkan pamflet Analisis Matematika Logika. Ia kemudian dianggap sebagai eksposisi cacat sistem logis, dan ingin sebuah penyelidikan dari Hukum Pemikiran (1854), di mana yang Didirikan Teori Matematika Logika dan Probabilitas harus dilihat sebagai pernyataan dewasa dari pandangannya. Keterlibatan awal Boole dalam logika itu dipicu oleh perdebatan saat ini pada kuantifikasi, antara Sir William Hamilton yang mendukung teori "kuantifikasi predikat", dan pendukung Boole 's Augustus De Morgan yang maju versi dualitas Morgan De, seperti yang sekarang disebut . Pendekatan Boole adalah akhirnya lebih jauh jangkauannya dari baik sisi dalam kontroversi. Mendirikan apa yang pertama kali dikenal sebagai "aljabar logika" tradisi.
 
Boole tidak menganggap logika sebagai cabang dari matematika, tetapi ia memberikan sebuah metode simbolik umum inferensi logis. Boole diusulkan bahwa proposisi logis harus diekspresikan melalui persamaan aljabar. Manipulasi aljabar simbol dalam persamaan akan menyediakan metode yang gagal-aman deduksi logis: yaitu logika direduksi menjadi jenis aljabar.
 
Dengan 1 (kesatuan) Boole dilambangkan "Obyek-obyek alam masuk akal"; simbol literal, seperti x, y, z, v, u, dll, digunakan dengan arti "pilihan" yang terikat pada kata sifat dan kata benda bahasa alam. Jadi, jika x = bertanduk dan y = domba, maka tindakan yang berurutan dari pemilihan (yaitu pilihan) yang diwakili oleh x dan y, jika dilakukan pada persatuan, memberikan kelas "domba bertanduk". Dengan demikian, (1 - x) akan mewakili operasi memilih semua hal di dunia kecuali hal bertanduk, yaitu segala sesuatu tidak bertanduk, dan (1 - x) (1 - y) akan memberikan segala sesuatu tidak bertanduk atau domba.
 Status Boole sebagai matematikawan diakui oleh pengangkatannya pada tahun 1849 sebagai guru besar pertama matematika di, College Cork Ratu di Irlandia. Dia bertemu dengan calon istrinya, Maria Everest, ada pada tahun 1850 ketika dia sedang mengunjungi pamannya Ryall John yang adalah Profesor dari Yunani. Mereka menikah beberapa tahun kemudian. Dia mempertahankan hubungan dengan Lincoln, bekerja di sana dengan ER Larken dalam kampanye untuk mengurangi pelacuran.
 
 Boole telah dipilih mahasiswa Fellow di Royal Society pada tahun 1857 dan menerima gelar kehormatan dari LL.D. dari Universitas Dublin dan Universitas Oxford. Pada tanggal 8 Desember 1864, Boole meninggal karena serangan demam, berakhir pada efusi pleura. Ia dimakamkan di Gereja Irlandia pemakaman St Michael, Church Road, Blackrock (pinggiran Cork City). Ada sebuah plakat peringatan di sebelah gereja.

.