E-Ticket

Author cesar - -
Home » » E-Ticket

Sebagian orang mungkin sering membeli e-ticket tanpa mengetahui apa arti sebenarnya. e-Ticket adalah singkatan dari electronic ticket, atau tiket elektronik dalam bahasa indonesia. Jadi e-Ticket adalah tiket yang wujudnya berbentuk elektronik. Jika beberapa tahun silam tiket masih berwujud buku dan dapat dilihat bentuk fisiknya, namun yang menjadi tren saat ini adalah tiket yang berwujud elektronik.
 
e-Ticket berisi data rincian perjalanan anda. Yang tercantum di dalam e-Ticket biasanya adalah nama penumpang, rute perjalanan, waktu penerbangan, nomor penerbangan, kelas tiket, dan harga tiket.
 
Mengapa e-Ticket lebih disukai?
Maskapai penerbangan tentu lebih menyukai e-Ticket daripada tiket yangberbentuk buku. Beberapa alasannya mungkin adalah sebagai berikut :
1. Tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar.
2. Tidak sobek, tidak luntur, tidak hilang.
3. Keamanan berlapis, jadi tidak mudah hilang atau dicuri orang.
4. Dapat menjangkau pembeli dari luar negeri, karena mereka tidak harus
    datang ke kantor untuk membeli tiket pesawat.
5. Dapat dengan mudah menghubungkan data yang tersimpan di daerah dan di
    pusat.
6. Dapat melayani pelanggan dengan lebih cepat.
 
Sebagian besar orang sudah banyak beradaptasi dengan sistem ticketing yang baru ini, dan lebih nyaman dengan konsep e-ticket daripada tiket kuno yang berbentuk buku. Mengapa mereka menyukainya? Mungkin karena
1. Tidak membutuhkan tempat khusus untuk menyimpan, bahkan bisa disimpan
    di handphone atau cukup dalam ingatan anda.
2. Mudah dibawa, tidak sobek, tidak luntur, tidak hilang.
3. Tidak mudah hilang.
4. Praktis, hemat, cepat. Tidak menyita waktu dan mengganggu aktifitas.
5. Tidak perlu repot pergi ke travel agent atau kantor maskapai.

Bagaimana cara mendapatkan e-ticket?
Karena bentuknya elektronik, tentu saja anda bisa mendapatkannya melalui alat elektronik dengan bantuan jaringan internet. Cukup dengan online, anda dapat membeli tiket. Saat ini ada banyak cara komunikasi hemat yang bisa anda pilih saat memesan tiket online, misalnya melalui sms, telepon atau yahoo messenger. Pilih yang paling nyaman untuk anda.
 

Satu hal yang perlu anda waspadai, yaitu penipuan tiket online. Karena bentuknya elektronik dan banyaknya orang indonesia yang masih belum melek internet membuat celah bagi oknum tertentu untuk memanfaatkan dan menipu. Sebenarnya mudah saja untuk tidak tertipu, anda cukup menelepon ke kantor maskapai di bandara setempat dan menanyakan status tiket anda. Bandara tentu saja punya data penumpang yang valid dan terhubung ke pusat.

.